One particular Wellness Cegah Outbreak di Masa Depan

ILUSTRASI. Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono pada konferensi pers usai Side Event One Health and fitness di Lombok, Rabu (8/6) mengatakan A person Health and fitness menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya outbreak di masa mendatang.

KONTAN.CO.ID – Konsep One Wellness adalah salah satu konsep baru bagaimana penyakit pada hewan berpindah ke manusia. Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan One particular Overall health menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya outbreak di masa mendatang.

“One Health and fitness menjadi salah satu perhatian kita semua supaya tidak terjadi outbreak di masa datang dan tidak menjadi penyakit baru di masa yang akan datang,” katanya pada konferensi pers usai Facet Party 1 Wellness di Lombok, Rabu (8/6).

Ia menekankan bahwa 1 Wellbeing bukan mengatasi penyakit yang sebelumnya ada dalam manusia tapi ada dalam hewan yang pindah ke manusia.

“Untuk itu kita terus berbenah diri, melakukan evaluasi, dan melakukan implementasi untuk membuat a person well being ini menjadi isu yang penting di tiap-tiap negara, terutama negara-negara yang kaya dengan keanekaragaman hewani dan hayati seperti Indonesia,” ucap dr. Dante.

Yang menjadi tantangan dalam implementasi a person health and fitness adalah kolaborasi dan finansial. Dikatakan dr. Dante, kolaborasi penting supaya lintas departemen dan lembaga lebih memperhatikan just one well being.

Sehingga diharapkan just one wellbeing ini menjadi isu prioritas di beberapa tempat yang memang menunjukkan fluktuasi peningkatan kasus tinggi yang disebabkan oleh hewan.

Soal finansial, dr. Dante menjelaskan memang masih menjadi pembahasan di beberapa tempat atau pertemuan.

“Jadi memang ini harus dikolaborasikan untuk one particular health,” ucap dr. Dante.

Yang perlu diperhatikan, lanjutnya, adalah penularan penyakit dari hewan liar ke hewan yang ada di pemukiman manusia. Hal tersebut menjadi bahaya ketika menular ke manusia.

Yang paling penting adalah penguatan surveilans. Sistem surveilans untuk penyakit-penyakit yang berasal dari hewan ini menjadi salah satu indikator kuat yang harus diperbaiki.

“Kalau nanti di tingkat pusat sudah teridentifikasi penyakit berdasarkan surveilans yang kuat, maka kebijakan one health and fitness bisa diimplementasikan ke tingkat desa,” tutur dr. Dante.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Information

Previous post Everything you need to know about The Healthy Mummy 6 Months to Summer Challenge!
Next post Workforce Diet Alliance Publishes Booklet Highlighting Crucial Steps to Increase Workforce Diet