Minum Espresso Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol?

Liputan6.com, Jakarta – Berapa gelas sehari Anda minum espreso? Sebuah penelitian menemukan minum tiga hingga lima cangkir sehari dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi, terutama pada pria.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Open up Coronary heart, cara Anda menyiapkan kopi dapat memengaruhi kadar kolesterol. Namun, hubungan itu lebih kuat pada pria daripada wanita.

Kenapa bisa meningkatkan kadar kolesterol? Ahli nutrisi Lauren Manaker, menjelaskan, hal ini disebabkan minuman tersebut mengandung bahan kimia cafestol dan kahweol, yang dikaitkan dengan kolesterol ‘jahat’ LDL yang lebih tinggi. 

“Espreso memiliki jumlah menengah dari senyawa ini, tetapi knowledge tentang asupan espreso dan kadar kolesterol terbatas,” ujarnya dilansir Verywell Wellness.

Untuk menentukan apakah minum espreso memengaruhi kadar kolesterol, para peneliti di Norwegia mengevaluasi details dari lebih dari 20.000 orang berusia di atas 40 tahun.

Hasilnya, peminum espreso atau kopi pekat yang sehari tiga sampai lima cangkir setiap hari berkaitan dengan meningkatnya kolesterol.  Efek ini paling banyak terlihat pada pria.

 

Para antariksawan sekarang sudah dapat menikmati kopi espresso segar di Global Place Station (ISS).

Previous post Kardashian individual trainer stuns TikTok health coach
Next post High-Calorie Drinks & 6 Healthy Alternatives