Cakupan Imunisasi 11 Daerah di Jabar Dibawah 80 Persen

Liputan6.com, Bandung – Dinas Kesehatan Jawa Barat menyatakan cakupan imunisasi di 11 daerah di Jawa Barat masih di bawah 80 persen.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana Dewi, nantinya pemerintah akan menggenjot program imunisasi nasional di daerah tersebut.

“Optimistis goal 95 persen anak di Jabar mengikuti imunisasi lengkap dapat dicapai. Sampai saat ini cakupan di bawah 90 persen,” ujar Nina, ditulis Sabtu, 23 April 2022.

Nina mengatakan imunisasi sangat penting bagi anak guna mencegah penularan penyakit, wabah, sakit berat, cacat, hingga kematian anak dan bayi.

Saat ini ada lebih dari 20 penyakit yang bisa ditekan angka infeksinya karena imunisasi.

“Pada 2020-2030 diperkirakan imunisasi bisa menyelamatkan lebih dari 32 juta jiwa, diantaranya 28 juta adalah anak berusia di bawah 5 tahun,” kata Nina.

Nina menerangkan Pekan Imunisasi Dunia kembali mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya imunisasi bagi anak.

Meski diakuinya sebagian orangtua masih ada yang takut menyertakan anaknya dalam Application Imunisasi terkait efek imunisasi.

“Tidak ada laporan anak meninggal akibat imunisasi. Tim Komda KIPI sudah melakukan penelitian atas semua laporan dan tidak ada kasus,” terang Nina.

Nina menuturkan penyebab anak meninggal karena memang memiliki penyakit bawaan, jadi bukan karena imunisasi.

Dia mengatakan, penjelasan ilmiah kematian usai menjalani imunisasi akan terus disampaikan kepada masyarakat. Pasalnya, berita hoaks yang seringkali muncul kerap mengganggu method imunisasi. 

“Berita hoaks seringkali muncul terkadang mengganggu Application Imunisasi.”

“Imunisasi itu aman dan kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang terjadi,” tukas Nina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Previous post Menu Latihan Physical fitness untuk Tim U-16
Next post Antioxidant Supplements: Do They Genuinely Perform?