5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Salah Satunya Mudah Lelah

Suara.com – Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah Anda melebihi batas normal dan memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Lantas, adakah ciri-ciri kolesterol yang sering diabaikan atau jarang segera disadari? Simak ulasannya berikut ini.

Melansir dari situs Everyday Health, Senin (25/4/2022), menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat, dan stroke adalah penyebab utama kelima. 

Diketahui, kolesterol adalah zat lemak padat yang ditemukan di setiap sel tubuh manusia, dan dianggap penting untuk banyak fungsi penunjang kehidupan. Adapun fungsinya yakni membantu tubuh Anda membuat hormon dan vitamin D. Selain itu, kolesterol juga ditemukan dalam senyawa yang dibuat tubuh Anda untuk membantu Anda mencerna makanan, seperti empedu.

Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).  Low-density lipoprotein (LDL) ini berkontribusi pada penumpukan plak lemak, sedang high-density lipoprotein (HDL) melindungi dari penyakit jantung dan stroke. 

Baca Juga:
4 Makanan Lebaran yang Picu Kenaikan Kolesterol, Batasi Konsumsinya Ya!

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ada beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang penting untuk Anda ketahui. Adapun cirinya yakni sebagai berikut:

1. Mudah lelah

Salah satu ciri kolesterol tinggi yaitu mudah lelah. Hal tersebut terjadi akibat dari keluarnya plak pada pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi yang sehingga aliran darah ke seluruh jaringan tubuh jadi berkurang.

Ilustrasi kelelahan. [Freepik]
Ilustrasi kelelahan. [Freepik]

2. Sering mengantuk

Baca Juga:
6 Obat Kolesterol Alami yang Bisa Anda Coba, dari Teh Hijau hingga Daun Sirsak

Sering mengantuk juga salah satu ciri kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya sumbatan di pembuluh darah. Sering mengantuk juga disebabkan berkurangnya aliran darah yang membawa 02 (oksigen) ke otak.

3. Nyeri kaki

Nyeri kaki juga jadi salah satu ciri bahwa tingkat kolesterol Anda tinggi. Hal ini disebabkan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di dalam kaki, bahkan hal ini menimbulkan rasa nyeri atau sakit di bagian kaki.

4. Tengkuk pegal-pegal

Ciri berikutnya yang perlu diketahui bahwa tingkat kolesterol Anda tinggi yaitu tengkuk yang terasa pegal-pegal. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher. Hal ini berdampak aliran darah di leher yang menuju ke otak menjadi terhambat.

5. Dada Nyeri

Ciri kolesterol tinggi berikutnya yaitu rasa nyeri di dada. Hal ini juga disebabkan karena adanya penumpukan plak yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol. Kondisi ini menjadi awal mula munculnya gejala serangan jantung atau penyakit jantung.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu diketahui. Selain gejala di atas, ada juga gejala lainnya yaitu xanthomata (penumpukam kolesterol), xanthelasma (bercak kuning di bawah kelopak mata), dan adanya gumpalan di urat. Jika mengalami tanda seperti di atas, segera periksakan diri ke rumah sakit.

Previous post Forma Pilates and the Increase of Unique, Boutique Health Courses
Next post Dad’s rapid weight loss diagnosed as serious condition spreading through major organs