3 Isu Penting Wellbeing Functioning Team Kedua untuk Perkuat Arsitektur Kesehatan International

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebutkan 3 pokok bahasan dalam Well being Doing the job Group ke-2 di presidensi G20.

Menurutnya, G20 sendiri memiliki tiga topik utama yakni terkait sistem kesehatan dunia, transformasi ekonomi dan digital, serta transisi energi terkait kesehatan. Sedangkan, topik dalam bidang kesehatan di G20 adalah bagaimana memperkuat arsitektur kesehatan global di mana ada tiga prioritas kesehatan yang diusung.

“Yang pertama adalah bagaimana membangun sistem kesehatan world wide, yang kedua mengharmonisasikan protokol kesehatan world-wide, dan ketiga memperluas akses untuk manufaktur dan penelitian dalam rangka kesiapan pandemi ke depannya,” kata Nadia dalam konferensi pers digital Kemenkes Jumat (3/6/2022).

Dalam Health Doing the job Group 2, lanjutnya, akan didiskusikan isu terkait bagaimana membangun kesehatan worldwide. Pasalnya, pandemi COVID-19 mengajarkan bahwa sistem kesehatan world-wide yang ada saat ini belum cukup memiliki sistem koordinasi yang baik, belum memiliki agilitas dan respons yang cepat terhadap perubahan situasi penyakit. Serta, belum memiliki kesiapan terkait pembiayaan untuk rencana mitigasi menghadapi situasi pandemi world wide.

Ia menambahkan, memperkuat arsitektur kesehatan international dengan membangun peran koordinasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai lembaga kesehatan world-wide serta membangun jaringan kolaborasi adalah hal yang sangat penting.

“Perbedaan yang cukup besar dalam berbagai kapasitas negara dan wilayah untuk mendeteksi dan memantau berbagai potensi patogen yang muncul dalam monitoring genomik perlu dibahas untuk menentukan respons ke depan agar lebih efektif.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Dalam konferensi digital Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diwakili Siti Nadia Tarmizi menyebutkan bahwa ada satu pasien positif virus Covid-19 varian Omicron transmisi lokal yang mengunjungi salah satu restoran di SCBD, Jakarta pada 17 Desember …

Previous post Health Initially, Goodlife Health and fitness Clubs announce childcare services are closing permanently
Next post Soy milk: nutrition facts and health benefits